Membuat Rumah Jadi Tempat Bermain yang Asyik

Membuat Rumah Jadi Tempat Bermain yang Asyik

Menyiapkan Area Rumput Sintetis di Taman
Menyiapkan Area Rumput Sintetis di Taman

Dewasa ini, rumah sebagai tempat bermain sangat diperlukan untuk meminimalisir anak-anak dan keluarga bermain di luar. Apalagi disaat Corona seperti hari ini. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips untuk mengubah rumah kita menjadi tempat bermain yang menyenangkan dan melindungi keluarga kita dari bahaya dari luar. 

Memilih tempat bermain

Memilih tempat bermain ini akan menentukan dimana pusat bermain bagi keluarga dan anak. Apakah Anda ingin memilih taman bermain khusus atau menggabungkannya dengan kamar anak, itu terserah Anda. 

Atur sirkulasi udara 

Usahakan sirkulasi udaranya baik karena anak-anak dan keluarga yang aktif bermain akan membutuhkan banyak oksigen. Sirkulasi bagus sangat diperlukan sehingga mereka akan merasa nyaman dan aman ketika bermain.

Warna area bermain 

Area bermain haruslah memiliki warna yang sesuai dengan tata letak untuk menciptakan efek tertentu bagi anak-anak. Untuk area bermain yang fokus pada pengembangan kapasitas otak, pilihlah warna yang teduh untuk area bermain, misalnya  pastel.

Dan jika area bermain terfokus pada pengembangan kemampuan fisik disarankan untuk memilih warna utama yang menekankan semangat belajar. Pemilihan warna juga tidak boleh sembarangan. 

Memilih hiasan dinding 

Menggunakan hiasan dinding adalah pilihan yang baik. Pastikan hiasan dinding aman untuk anak-anak serta mudah dalam perawatannya. Selain hiasan dinding yang aman dan mudah dirawat Anda juga bisa menambahkan hiasan dan dekorasi yang menunjang fasilitas bermain anak. 

Misalnya papan tulis di dinding. Dekorasi sains dalam bentuk poster atau miniatur, atau juga hiasan berupa teka-teki. 

Dekorasi Lantai 

Pilihlah dekorasi lantai yang aman untuk anak-anak agar aman dari cedera. Gunakan karpet rumput sintetis untuk dekorasi lantai. Anda dapat menggunakan berbagai variasi dan model rumput berkualitas terbaik dan aman untuk anak.

Peralatan bermain 

Pastikan peralatan bermain anak yang terpasang kokoh dan tidak menyebabkan cedera saat bermain. Pilih peralatan bermain yang dapat dibongkar dan dipasang yang mudah diersihkan dan disimpan. Model permainan yang dapat dipilih misalnya:

  • Ular tangga 
  • Lego 
  • Lukisan di atas kanvas
  • Mainan kayu 
  • Mini slide dan lain-lain.