Stadion Sepakbola yang Menggunakan Rumput Sintetis

Stadion Sepakbola yang Menggunakan Rumput Sintetis

Dengan terus berkembangnya teknologi di bidang arsitektur, lapangan sepak bola kini  sudah banyak yang menggunakan rumput buatan. Keuntungan menggunakan rumput sintetis sebagai pengganti rumput alami sendiri yakni proses perawatannya sangat mudah dan murah. Ini karena rumput buatan sama sekali tidak memerlukan penyiraman, pemupukan, atau pemotongan. 

Terlepas dari rumput yang digunakan, sepak bola adalah sepak bola. Sepak bola tidak akan pernah kehilangan keindahannya meskipun dimainkan di lapangan yang  tidak terawat. Bahkan game ini terlihat menarik saat dimainkan di tanah gersang. Dan berikut beberapa stadion yang menggunakan rumput sintetis sebagai pilihan utama.

Old Trafford 

Old Trafford disebut-sebut sebagai pelopor stadion sepak bola dengan rumput buatan. Seperti diketahui, markas Manchester United tersebut pertama kali menggunakan rumput buatan pada  2013. Pasalnya, permukaan rumput di stadion ini sangat rentan rusak saat cuaca buruk. Walau tidak sepenuhnya sintetis, namun rumput yang digunakan adalah rumput sintetis kualitas terbaik yang terbuat dari bahan hybrid yang diproduksi oleh Desso Grassmaster. 

California Memorial Stadium 

California Memorial Stadium terletak di Universitas Berkeley, Amerika Serikat. Kita tahu bahwa stadion ini adalah rumah bagi Beruang Emas California. Stadion yang dibuka pada tahun 1923 ini telah digunakan untuk menjadi tuan rumah berbagai pertandingan sepak bola penting, termasuk pertandingan tingkat perguruan tinggi. Bahkan beberapa klub sepak bola seperti Real Madrid telah menggunakan stadion ini sebagai tempat uji coba pertandingan sepak bola. 

Donbass Arena 

Donbass Arena, kandang Shakhtar Donetsk, juga tidak mau ketinggalan dalam penggunaan rumput sintetis. Namun penggunaan rumput sintetis di stadion ini tidak diterapkan secara ketat, melainkan hanya diterapkan di beberapa sudut lapangan seperlunya saja. Rumput tersebut dipadukan dengan rumput alami dalam sistem hybrid. Rumput buatan yang digunakan Donbass Arena diproduksi oleh perusahaan Belgia bernama Desso Sport Systems. 

Leo Stadium 

Salah satu liga sepak bola terbaik di Asia Tenggara, apalagi jika bukan Kejuaraan Nasional Gajah Putih. Turnamen sepak bola Thailand diadakan dengan sangat serius. Hal yang sama berlaku untuk stadion yang dibangun dengan sangat baik. Salah satu stadion sepak bola di Thailand yang sudah mencoba menggunakan rumput buatan adalah Stadion Leo. Ini adalah stadion Bangkok Glass FC menggunakan rumput buatan standar AFC. 

Progressive Football 

Progressive Football sebenarnya bukan stadion sepak bola, ini hanya lapangan sepak bola. Lokasi stadion ini  tidak jauh dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Rumput buatan yang digunakan memenuhi standar FIFA dan didatangkan langsung dari Italia. Nah, buat kamu yang penasaran ingin tahu bagaimana rasanya bermain sepak bola di atas rumput sintetis, mampirlah ke lapangan sepak bola progresif ini.