Mengapa Rumput Sintetis Semakin Populer?

Mengapa Rumput Sintetis Semakin Populer?

Menghiasi rumah dengan taman sudah menjadi hal yang umum. Apalagi, bagi seseorang yang menggunakan konsep natural untuk rumahnya. Ketika membuat sebuah taman, hal pertama yang akan terpikirkan adalah rumput yang digunakan. Apakah rumput sintetis ataukah rumah asli yang akan digunakan untuk taman tersebut? 

Jika dahulu yang kita pertimbangkan adalah jenis dan ukuran rumput yang digunakan untuk taman, seperti rumput jepang atau rumput gajah, sekarang hal tersebut telah berubah. Karena banyak orang yang mulai lebih tertarik menggunakan rumput sintetis daripada rumput asli. 

Memang banyak orang yang memilih rumput sintetis hanya karena mengikuti trend, namun banyak juga yang memilihnya karena sudah menimbang untung ruginya menggunakan rumput sintetis ini. 

Hal pertama yang membuat ramuan ini  semakin populer adalah dari segi ekonomi. Dibandingkan menggunakan rumput asli, rumput sintetis jauh lebih murah. Namun, ini tidak akan muncul ketika Anda membandingkan harga rumput ini dengan rumput asli.

Karena, untuk biaya awal, rumput ini harganya jauh lebih mahal daripada rumput asli. Apalagi pemasangan rumput ini tidak mudah dan perlu dilakukan oleh seorang profesional. Ini menyebabkan beberapa orang berpikir bahwa biaya awal yang rendah sangat menggoda untuk menggunakan rumput asli.

Namun, rumput sintetis ini hanya akan mahal pada biaya awalnya. Karena setelah  instalasi selesai, Anda tidak perlu lagi melakukan perawatan yang mahal. Sedangkan jika Anda menggunakan rumput asli, Anda perlu menambahkan biaya air, biaya perawatan (memotong rumput agar tidak tumbuh lebih panjang) dan juga biaya pupuk.

Selain alasan ekonomis, penggunaan rumput sintetis  juga dapat dikatakan instan. Sebab, begitu instalasi selesai, taman Anda akan langsung terlihat memukau dengan hamparan rumput hijaunya. 

Selama waktu ini, jika Anda menggunakan rumput asli, Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu agar rumput tumbuh dan menyatu dengan tanah kebun Anda. Belum lagi kemungkinan rumput tidak tumbuh.

Alasan lain mengapa rumput sintetis populer adalah karena perawatannya yang cenderung mudah. Anda tidak perlu penyiraman, pupuk atau pestisida (jika ada hama). Anda juga tidak perlu memotong rumput, karena rumput ini tidak akan tumbuh terlalu panjang. Untuk alasan yang berbeda, jelas mengapa rumput ini begitu populer saat ini.